Cara membuat blog dengan WordPress.com

 WordPress.Com.

Tampilan gambar diatas merupakan halaman utama wordpress. Secaradefault bahasa yang digunakan adalah bahasa inggris, akan tetapi kita dapat mengubahnya menjadi bahasa Indonesia melalui menu pilihan yang ada dibagian atas tampilan. Tekan menu tombol Get started hereuntuk memulai proses pendaftaran.

Isikan data-data yang diminta seperti: Blog Address (nama blog),UsernamePassword, dan Confirm. Untuk nama blog, wordpress akan melakukan pemeriksaan otomatis untuk memastikan nama yang akan digunakan masih tersedia. Pada field isian username biasanya akan langsung terisi dengan nama alamat blog sebelumnya, berikutnya lanjutkan dengan mengisi password dan tuliskan kembali password yang telah diisi sebelumnya pada field confirm.

Sekarang isikan data alamat email valid yang akan digunakan, untuk bahasa dashboard silahkan pilih ingin menggunakan bahasa Inggris atau Indonesia. Jika semua field sudah terisi silahkan menekan menu tombolCreate Blog dibagian bawah form.

Isi data First Name (Nama Depan), Last Name (Nama Belakang), danAbout Yourself (Deskripsi Blog). Klik menu tombol Save Profile, pastikan alamat emailnya benar kemudian dilanjutkan dengan mengklik menu tombol Update e-mail dibawahnya. Untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada tampilan gambar dibawah ini:

Jika sudah, sekarang saatnya kita melakukan proses aktivasi akun melalui email konfirmasi yang telah dikirimkan. Buka email konfirmasi dari wordpress dan klik menu tombol Active Blog.

Sekarang akun wordpress yang dibuat sudah aktif, kita akan langsung dibawa menuju tampilan dashboard blog wordpress yang kita buat sebelumnya. Disini merupakan area kerja blog wordpress dimana semua proses membuat postingan, menambah plugin, mengganti theme, memasukkan video dan gambar, serta aktivitas admin lainnya. Jika dilihat sekilas, ada beberapa tambahan fasilitas yang diberikan wordpress pada versi terbarunya kali ini. Coba kita buka jendela browser baru dan ketik nama blog kita, maka akan muncul tampilan depan blog wordpress kita masih dengan menggunakan theme standar.

Oke, karena blog wordpress kita sudah berhasil dibuat maka sampai disini dulu tulisan saya kali ini. Mengenai bagaimana penggunaandashboard wordpress akan saya buat lagi di tulisan berikutnya. Sekian dulu pengenalan wordpress dari saya ya teman-teman, tunggu saja tulisan berikutnya. (DW)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s